DESKRIPSI

Komunikasi menjadi salah satu kunci keberhasilan pelayanan publik. Agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan efektif, diperlukan suatu teknik dan etika berkomunikasi dengan orang lain, baik melalui lisan dan tertulis di dalam internal organisasi dan pihak eksternal. Maka dari itu dalam training ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain secara lisan dan tertulis sesuai dengan etika dan batasan dalam komunikasi agar kesalahpahaman dapat terhindarkan.

Dalam proses berkomunikasi tentunya melibatkan lebih dari satu orang, jadi ada pemberi pesan (sender) dan ada penerima pesan (receiver). Dalam pelatihan ini kita akan membahas secara lebih detail masing-masing pihak tersebut ketika memberikan dan menerima informasi. Contoh: Perintah dari seorang General Manager yang diberikan kepada Kepala Divisi diteruskan kepada Supervisor hingga kepada seorang Staff bisa diterima atau diartikan berbeda.

Pertanyaannya: Ketika receiver salah dalam mengartikan pesan yang diterima, itu adalah salah siapa, sender atau receiver? Di dalam menyampaikan informasi, kita seringkali melakukan Deletion (menghapus atau mengurangi), Generalization (menggeneralisasi), dan Distortion (mendistorsi). Ini termasuk dalam hambatan berkomunikasi yang perlu diperhatikan dan dipelajari sehingga kita bisa berkomunikasi dengan lebih efektif.

Ketika berhubungan dengan atasan, rekan kerja, bawahan, dan pelanggan, kita perlu mengenal dan mengidentifikasi karakteristik diri sendiri dan orang lain tersebut. Dengan demikian kita akan dapat berkomunikasi dan melayani mereka dengan lebih baik.

Bukankan untuk berkomunikasi dengan tipe orang yang berbeda, kita perlu menggunakan cara yang berbeda pula? Sehingga perlu pemahaman tentang menjadi seorang pembicara dan pendengar yang efektif dan peningkatan serta pengembangan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan komunikasi. Menjadikan perusahaan anda Persuasive dan Communicative Organization yang sangat dinamis.

 

OBJECTIVES

  • Mengenali dan memahami karakteristik diri sendiri dan orang lain dan membangun hubungan kerja yang lebih efektif dan produktif.
  • Meningkatkan keterampilan mendengarkan termasuk memahami informasi yang diberikan dan mencari solusi.
  • Membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang communicator yang berhasil.
  • Meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif.
  • Memahami etika dalam berkomunikasi, baik etika komunikasi langsung maupun melalui internet, baik komunikasi verbal maupun non verbal.
  • Memahami bagaimana mengelola emosi secara positif  untuk membangun komunikasi efektif antar anggota organisasi.

COURSE OUTLINE

1. Pengertian & tujuan presentasi, formula Komunikasi, analisis isi pesan, analisis pendengar, hambatan komunikasi.

2. Persiapan presentasi, pada saat presentasi, persyaratan presenter, membangun rasa percaya diri sebagai seorang presenter, etiket presentasi, strategi komunikasi

3. Menyusun materi; outline, catatan, informative speaking, persuasive speaking.

3 V dalam presentasi: vocal, verbal, visual/non verbal (penampilan, body language, alat bantu visual).

4. Menghadapi audience: mendengarkan audience (active listening), feed back, tanya jawab, menghadapi situasi sulit & kegugupan.

5. Konsep Pelayanan Prima

  • Konsep Pelayanan Prima
  • Manfaat  Pelayanan Prima
  • Karakter Pelayanan Publik

6. Teknik Komunikasi

  • Komunikasi Empati
  • Komunikasi Assertif
  • Teknik Menghadapi Pelanggan Complaint
  • Teknik Menjaga Emosi
  • Media komunikasi
  • Komunikasi birokrasi

7. Etika  dan Sikap dalam Pelayanan Public

  • Etiket dalam pelayanan public
  • SIkap dalam pelayanan publik
  • Etika komunikasi berhubungan dengan teknologi informasi

TRAINING METHOD
  • Group Discussions
  • Group & Individual Exercises
  • Presentations
  • Games
  • Case Studies
  • Role Plays
  • Self-Assessment
  • Action Plan
FACILITIES
  • Certificate,
  • Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
  • Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
  • Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
  • Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
Advertisements