LATAR BELAKANG:
Seorang sekretaris ataupun yang bekerja pada bagian secretariat, merupakan pekerjaan yang membutuhkan skill yang baik dan mempunyai mental yang kuat. Ketrampilan dasar sekretarial bagi sekretaris pemula atau staf administrasi yang tidak memiliki secretarial background ini dimaksudkan untuk memberi dasar pengetahuan kepada peserta mengenai lingkup tugas dan tanggung-jawabnya sebagai sekretaris profesional. Pelatihan ini menjadi penting karena peran sekretaris masa depan semakin kompleks seiring dengan tantangan persaingan yang dihadapi perusahaannya.

MANFAAT PELATIHAN:

  • Membekali peserta dengan berbagai ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris, atau yang berhubungan dengan kesekretariatan.
  • Meningkatkan rasa tanggung-jawab seorang sekretaris terhadap tugas-tugas yang dibebankan oleh perusahaan atau pimpinannya
  • Meningkatkan motivasi peserta dalam menjalankan tugas-tugas rutinnya
  • Meningkatkan kemampuan dan keahlian sekretaris sehingga menjadi sekretaris yang handal dan professional.
  • Mampu mengaplikasikan peran sekretaris di era globalisasi ini.
  • Mempunyai kemampuan komunikasi.

OUTLINE:

SESI I: PERAN, TUGAS, FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB SEKRETARIS

  • Peran, tugas, dan tanggung-Jawab sekretaris
  • Fungsi strategis sekretaris profesional.
  • Kiat untuk menjadi sekretaris yang handal dan profesional.
  • Mental dasar seorang sekretaris profesional: sikap positif, motivasi, integritas.

SESI II: MENANGANI PIMPINAN DAN STAFF PIMPINAN

  • Apa yang diharapkan pimpinan
  • Menanggani pimpinan/departemen
  • Mengenal staf pimpinan
  • Keterampilan kepemimpinan oleh sekretaris
  • Peran dan ketrampilan yang perlu dikembangkan sekretaris dalam melayani pelanggan internal maupun eksternal.

SESI III: MENANGGANI RAPAT DAN NOTULEN

  • Merencanakan meeting/rapat
  • Menyusun agenda yang efektif
  • Membuat bahan presentasi
  • Notulen / minute of meeting
  • Teknik merangkum hasil meeting yang efektif

SESI IV: MENGELOLA ARSIP DAN KORESPONDENSI

  • Mengelola kearsipan
  • Teknik pengelolaan arsip yang benar
  • Kunci sukses management arsip dan Data Base
  • Mengelola surat masuk dan keluar

SESI V: KOMUNIKASI

  • Proses komunikasi dalam satu kantor dan fungsi dan peran executive secretary dalam Public Communications/Public Relations
  • Mendengar aktif, asertif dan proaktif
  • Tugas dan tanggung jawab sekretaris dalam pengembangan komunikasi
  • Bagaimana menjaga image organisasi bagi dunia luar/pencitraan positif

SESI VI: MENGELOLA WAKTU DAN STRES

  • Menanggani waktu/pengaturan waktu/jadwal
  • Menentukan Prioritas
  • Menanggani stress
  • Menanggani konflik

SESI VII: PENAMPILAN DAN ETOS KERJA

  • Bagaimana mempunyai penampilan yang terbaik
  • Cara berbusana
  • Cara berjalan
  • Etika kerja / Tata krama lingkungan kerja.

SESI VIII: ETIKA MAKAN

  • Etika makan / Table Manners

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements